Seni Bijak Menggapai Sukses Finansial

Menjadi pribadi yang sukses secara financial adalah idaman dan cita-cita semua orang. Bagaimana cara bijaksana mewujudkan impian tersebut?

Oleh: Meyliana, MM, Dip FP, AAAIJ
Financial Planner Practitioner




Kesuksesan kerap diidentikkan dengan memiliki banyak harta, mempunyai banyak rumah, banyak mobil, deposito dalam jumlah besar, aneka macam bentuk investasi lain, dan uang kas dalam jumlah banyak. Ini adalah kesuksesan dalam anti materi atau kekayaan. Banyak pihak sepakat soal itu. Bahkan, J Murphy dalam buku berjudul `Think Your Self Rich' mengatakan, "Menjadi kaya adalah hak Anda yang merupakan pemberian Tuhan sejak lahir. Anda hadir di bumi untuk mewujudkan kesempurnaan hidup dalam segala hal. Tujuan rahasia keberadaan Anda di dunia ini adalah untuk menjalani hidup yang bahagia, gembira dan mulia alias hidup yang berlimpah."

Melalui artikel ini saya ingin berbagi kepada pembaca yang budiman, tentang kesuksesan financial dan bagaimana meraih kesuksesan tersebut. Berikut ini kiat yang dapat penulis bagikan kepada para pembaca:

1. Tentukan tujuan

"Ciptakanlah angan-angan untuk hidup sejahtera, untuk meraih kesuksesan yang terus membayangi hidup Anda"

Banyak orang mengira bahwa menjadi makmur dan sejahtera adalah takdir yang ditentukan Sang Pencipta. Semua orang sadar bahwa mereka memiliki garis nasibnya sendiri-sendiri. Jika Anda terlalu tergantung pads nasib atau suratan takdir, Anda menutup banyak kesempatan dan peluang yang ada di depan mata Anda. Anda perlu tahu bahwa garis nasib juga ditentukan oleh kerja keras dan prestasi Anda dalam hidup. Jadi buatlah tujuan dalam hidup Anda bahwa Anda berani bermimpi dan berpikir untuk menjadi sejahtera.

2. Berpikir positif dan mengubah mindset

"Tidak ada yang aman di dunia ini, yang ada hanya peluang"

Ubahlah cara berpikir Anda yang lama. Daripada berpikir, "Mengapa saya miskin?" "Mengapa saya berkekurangan?", lebih baik Anda berpikir bagaimana saya bisa berpenghasilan X rupiah, saya harus menabung sebesar X rupiah dan sebagainya. Semakin banyak yang dapat diketahui tentang apa yang dipikirkan dan dibicarakan oleh orang kaya dan Anda dapat melakukan hal yang lama, semakin cepat Anda dapat memetik hasilnya.

3. Bangun komitmen dan disiplin untuk melahirkan ketekunan

"Jalan untuk menjadi kaya sedatar jalan menuju pasar. Jangan sia-siakan waktu maupun uang Anda, gunakanlah keduanya sebaik mungkin"

Yakinkanlah diri Anda bahwa kemakmuran dan kesejahteraan hidup adalah salah satu tujuan utama yang harus dicapai oleh setiap orang. Buatlah tujuan kehidupan makmur dan sejahtera sebagai tujuan utama yang harus dicapai dan diraih secara nyata supaya hidup Anda dan keluarga sampai kehidupan masa tua Anda nanti benar-benar menjadi hidup yang sejahtera dan tidak menyusahkan siapapun.

4. Mulai dengan keinginan, tindak-lanjuti dengan keputusan

"Jalan untuk menuju sukses sejati adalah mampu membuat keputusan dan tindakan yang pasti dan terarah"

Kiat sukses sering diterjemahkan dengan 4D: desire (keinginan), decision (keputusan), determination (tekad), dan discipline (disiplin). Ciptakanlah tantangan bagi diri Anda sendiri bahwa Anda ingin makmur dan sejahtera. Jadikanlah ini sebuah keinginan yang sangat kuat sampai merasuk pada pikiran Anda. Ambillah atau buatlah keputusan apa yang harus Anda lakukan guna mewujudkan keinginan Anda. Selanjutnya tentukanlah tekad Anda sendiri dan milikilah mental tahan banting yang kuat guna meraih keinginan Anda. Terakhir berdisiplinlah menguasi diri guna mengembangkan kebiasaan meraih sukses.

5. Tingkatkan kemampuan dan keterampilan Anda

"Empat kata telah membuat seseorang berhasil yaitu agak sedikit lebih banyak. Mereka melakukan segala hal agak sedikit lebih banyak"

Charles Albert Poissant dalam bukunya `How to Think like A Millionaire' menjabarkan ciri atau sifat yang melekat dalam diri seorang jutawan yang meliputi sifat dan karakter pribadi yang positif. Seorang jutawan itu pasti ulet, antusias, energik, berani, intuitif, percaya diri, imaginative, giat/rajin, cerdik, dapat diandalkan dan berani mengambil risiko. Ternyata kesuksesan adalah hasil pemaksimalan atau pengoptimalan potensi untuk sukses dan berprestasi. Hal ini dapat dicapai dengan cara menempa diri untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang yang sudah Anda geluti maupun meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Anda pada pekerjaan. Semakin bertambah keahlian, kemampuan dan ketrampilan Anda, semakin besar kontribusi yang dapat Anda berikan dan semakin banyak hasil (kesuksesan) akan Anda peroleh.

6. Cerdas berinvestasi

"Carilah momentum dan waktu yang tepat untuk berinvestasi, maka rezeki dan keuntungan akan menemani Anda setiap saat"

Melakukan investasi sangat penting untuk menghasilkan pertumbuhan aset yang dimiliki. Anda harus mengetahui seberapa besar investasi produktif dapat dilakukan.

Untuk dapat mencapai pendapatan investasi yang maksimal diperlukan pengetahuan dalam berbagai produk investasi, jam terbang, pengalaman dalam berinvestasi dan mampu mengenali perilaku pada setiap momentum investasi. Lakukanlah investasi secara terus menerus yang akan menjadikan pohon kekayaan Anda semakin tumbuh berkembang dan menambah pundi-pundi kemakmuran Anda pada masa mendatang.

7. Bekerja optimal

"Tatanan alam semesta sangat seimbang dan sempurna. Anda akan mendapatkan imbalan dari setiap yang dilakukan"


Kemampuan Anda untuk bekerja dengan baik adalah rahmat yang perlu disyukuri dan aset paling berharga yang Anda miliki. Optimalkanlah waktu yang Anda punya saat ini. Berapa banyak waktu yang Anda alokasikan dan berapa lama Anda berkecimpung di dalamnya akan menentukan kemampuan mencari pendapatan.

8. Kelola utang Anda

"Diperlukan disiplin dan komitmen yang kuat untuk mengelola utang sebaik mungkin agar dapat membuat kondisi setiap orang makmur dan sejahtera'

Bebas dari beban utang menumpuk adalah impian banyak orang. Bagi sebagian orang, utang masih dirasakan perlu. Permasalahannya bagaimana agar utang ini tidak menjadi bumerang bagi kehidupan kita. Pertama, buatlah daftar inventaris utang yang Anda miliki. Tentukan pula berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk melunasi utang tersebut. Kedua, lunasilah sebagian utang Anda. Ketiga, berhentilah berutang untuk sesuatu yang tidak perlu.

Keempat, biasakanlah pola hidup sederhana. Dengan mengambil pola hidup sederhana, Anda akan terhindar dari lilitan berbagai utang dan uang Anda akan jauh lebih produktif untuk memenuhi berbagai kebutuhan primer lain.

9. Biasakanlah menabung

"Kesuksesan seseorang menjadi pribadi yang makmur dan sejahtera ditentukan oleh kebiasaan menabungnya"

Banyak orang membuat alasan, tidak bisa menabung karena tidak memiliki cukup uang. Faktanya banyak orang yang sukses saat ini asalnya dulu adalah orang yang hidup susah tetapi memiliki semangat kuat dan disiplin tinggi untuk menyisihkan sebagian kecil pendapatan mereka untuk ditabung. Jadi mulailah dengan hal yang sederhana, yaitu kebiasaan menabung. Jadikanlah disiplin menabung sebagai pilar kemakmuran hidup Anda untuk masa yang akan datang.


10. Buat dan terapkan perencanaan keuangan bagi Anda sendiri

"Lakukanlah apa yang Anda dapat, dengan apa yang Anda punya, di manapun Anda berada"

Segala upaya Anda untuk mencapai makmur dan sejahtera tidak akan terarah tanpa Anda melakukan perencanaan yang baik dan cermat. Perencanaan keuangan penting karena Anda sendirilah yang paling mengetahui kondisi dan tantangan yang Anda hadapi untuk mencapai sukses financial yang Anda idamkan. Dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang, sedini dan selengkap mungkin, Anda akan mendapatkan pondasi fmansial yang kuat dan kokoh menghadapi badai yang ada di depan Anda. Pada akhirnya akan membuat hidup Anda lebih nyaman dan sejahtera.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

info yang sangat menarik bro
http://robertkarnanto-home.blogspot.com/

Posting Komentar